loading...

Cara merawat ikan louhan dengan baik

CARA MEMLIHARA IKAN LOHAN DAN PERAWATAN
Ikan Louhan ini secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu Ikan Louhan
jenis Bonohead dan Ikan Louhan jenis Waterhead. Ikan Louhan jenis Bonohead pada umumya mempunyai kepada yang tidak terlalu jenong atau biasa disebut dengan jenong batu, dan Ikan Louhan jenis ini biasanya tidak akan memiliki jenong yang signifikan. Sedangkan Ikan Louhan jenis Waterhead atau biasa disebut dengan Ikan Louhan Jenong Air biasanya mempunyai Jenong yang cukup besar.


PERTAMA : Pilihlah Ikan Louhan yang sehat, jangan membeli Ikan Louhan yang yang sakit,
          biasanya Ikan Louhan yang sakit akan ditandai dengan bercak bercak putih atau
          jamur yang menempel pada tubuhnya


KEDUA :  Jika membeli Ikan Louhan anakan maka
         pilihlah Ikan Louhan dengan kepala yang Jenong, karena anakan Ikan Louhan yang
         jenong maka Ikan Louhan tersebut akan tumbuh dengan Jenong yang lumayan besar

KETIGA:  Pilihlah Ikan Louhan yang mempunyai badan pendek dan kekar, karena                  
         IkanLouhan yang seperti ini cenderung agresif dan mempunyai daya tarik tersendiri

KEMPAT:  Pilihlah Ikan Louhan dengan warna sisik yang contras (cerah) dan bukan gelap
         kehitaman

KELIMA:  Selanjutnya pilihlah Ikan Louhan yang agresif dan sudah terbiasa dengan
         manusia, ini dilakukan untuk menghindari dari Ikan Louhan yang stress

Nah sekarang gmna cara perawatanya:
bagaimana cara merawat Ikan Louhan supaya tetap sehat dan mempunyai warna yang bagus. Memang untuk memelihara Ikan Louhan gampang-gampang susah tetapi kalau agan terus bereksperiment maka akan menghasilkan Ikan Louhan dengan kualitas yang di inginkan:

ini tata cara menurut saya pribadi :


 I. samakan ukuran aquarium dengan Ikan Louhan milik kalian, idealnya
    ukuran aquarium harus lebih besar 3/4dari ukuran Ikan Louhan

II. Pastikan memakai sirkulasi air yang sesuai dengan ukuran aquarium

III. Selalu memakai heater pada aquarium yang berisi Ikan Louhan

IV.  Usahakan untuk mengganti air aquarium minimal 1-2 minggu sekali
     sebanyak 1/4 dari seluruh air aquarium

VI.  Usahakan untuk sering berinteraksi dengan Ikan Louhan peliharaan kalian,
     dengan cara   mengajak   
     bermain main dengan tangan atau cermin yang ditempelkan ke aquarium

VII  Jangan sesekali memberikan makanan Ikan Louhan yang sudah kadaluarsa, ini untuk 
     menghindari
     dari  keracunan yang bisa mengakibatkan Ikan Louhan sakit bahkan mati

VIII.   Berikan makan yang cukup, cacing, pelet, udang, cacing beku, jangkrik, yang teratur.

 IX.   Jangan memberikan cahaya lampu yang terlalu berlebihan

DAN SELAJUTNYA TIPS CARA MERAWAT IKAN LOUHAN

Tips merawat dan memilih ikan louhan yang bagus
Ikan louhan merupakan salah satu jenis ikan yang paling banyak digemari  di indonesia karena memiliki motif mandarin dan kadang bisa membentuk suatu tulisan atau angka di sisik tubuhnya, yang demikian itu bisa sangat mahal harganya mencapai puluhan juta.dan yang menjadi ikan ini berbeda yakni jenong dikepalanya. Ikan louhan ada 2 jenis yaitu bonehead dan waterhead. Jenis bonehead atau biasa disebut jenong batu ini lumrahnya tidak bisa jenong, relatih kecil jika ada yang jenong pun wallahualam.tapi meskipun begitu jika rutin diberi serangga atau ikan-ikan kecil yang muat mulutnya jika sudah 25 cm keatas pasti jenongnya bisa naik. Berbeda dengan water head atau sering dikenal jenong air.jika dibelah dibagian jenong ikan ini ada 3 lapisan, yaitu tulang,daging dan yang satu menyerupai jeli. Bagian inilah yang nantinya bisa tumbuh jenong. bagaimana cara membedakan ikan itu jenong air atau jenong batu?  Caranya coba saja pencet2 jenongnya, jika keras itu jenong batu tapi jika kenyal dan lunak itu jenong air. Jenis inilah yang paling banyak digemari karena ukuran jenong yang  besar. 

 jenis jenong air dan yang dibawah tentunya jenong batu. jadi sobat bisa nentuin sendiri kira-kira mau memilih jenis mana yang mau dipelihara. Ikan louhan dengan badan kotak sangat banyak dan biasa tetapi ada louhan dengan bentuk tubuh agak membulat seperti cakram dinilai lebih dan banyak yang mencari untuk dipelihara.
. Louhan adalah ikan yang bersahabat dengan manusia,bila dipegang dia tidak akan berlari atau melawan. Untuk memeliharanya pun relatif mudah,cukup dengan standar perawatan saja. Gunakan aquarium yang ckup besar atau 4 kali panjang tubuhnya dengan lebar 2 atau 3 kali tubuhnya, gunakan filter untuk menjaga kebersihan nan mencukupi oksigen bagi si  ikan,pakai baground belakang aquarium agar suasana nampak hidup dan diberi tumbuhan palsu dipasaran, biar lebih menarik diberi lampu. Cukup seperti itu ikan akan senang. Berikan pelet sebagai pakan dan ikan kecil atau serangga untuk memicu jenong di kepalanya.
Banyak orang memberi kerikil di dasar aquarium dengan harapan ikan akan merubah warnanya menjadi kemerahan tapi nyatanya ikan louhan suka bermain, jika diberi kerikil banyak dia  akan stress dan enggan untuk bermain karena takut kerikil tersebut dapat melukai tubuhnya.  Ikan  louhan di pelihara sendiri dalam satu aquarium karena termasuk nakal dan akan membunuh ikan lainnya. Sesekali piculah amarah si louhan dengan memberi cermin didekatnya dan liatlah ekspresi ikan tsb akan menampakkan warna yang sangat cerah dan melawan banyangannya sendiri pada cermin. Memellihara ikan louhan dalam aquarium dapat menghilangkan stress dan bisa menghibur kita, kalau tidak percaya coba saja pelihara dirumah. Kalo pengen yang bagus pastikan beli yang water head. Untuk yang jenis cencu ukuran 14 cm berkisaran 100 sampai 500 ribu per ekor dan jenong uda gede. Tapi kalo yang bone head biasanya murah,namun tak jarang pedagang nakal menjual dengan mahal.



Untuk menghasilkan Ikan Louhan yang bagus sesuai dengan keinginan sebenarnya tergantung
pada jenis Ikan Louhan itu sendiri, kalau jenis Ikan Louhan yang dipelihara tidak jenong maka
gimanapun kita memeliharanya atau memberikan pakan dan obat untuk menumbuhkan kepala
jenong Ikan Louhan tetap tidak akan pernah jenong. Jadi kalau kalian ingin Ikan Louhannya
Jenong pilihlah Ikan Louhan jenis Waterhead. Begitupun dengan warna, kalau dasarnya
mempunyai warna yang bagus maka sobat tidak perlu lagi memberikan obat perwarna
karena pada dasarnya warna Ikan Louhan yang kontras akan menghasilkan Ikan Louhan dengan
warna yang kontras juga.tapi jika pengen lebih keluar warnanya pakailah bantuan obat, atau pelet super red,
Kualitas Ikan Louhan yang baik tergantung pada jenis Ikan Louhan yang sobat pelihara, untuk pemeliharaanya sebenarnya caranya sama saja.

 Untuk pola makan usahakan di selang seling pelet dan cacing, dan untuk jangkrik 1 minggu sekali, udang 2-3 hari sekali,


Ikan louhan ( Flowerhorn ) bagi sebagian orang merupakan ikan pembawa Hoki. Bagi siapa saja yang memelihara dan memilikinya diyakini akan mendatangkan keberuntugan. Anggapan sebagai Ikan Hoki merupakan keyakinan yang tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat tertentu. Namun demikian secara hitung-hitungan bisnispun sebenarnya ikan Louhan adalah suatu komoditas bisnis yang teramat sangat mejanjikan. Maka dari itu perlu diketahui bagaimana membudidayakan ikan louhan secara baik dan benar. Ikan Louhan yang dicirikan dengan benjolan di kepala, sering diistilahkan jenong atau nonong, warna warni di tubuhnya serta adanya huruf cina atau huruf arab di di bagian tubuhnya. Disebut juga flower horn karena warna tubuhnya yang warna-warni bagai bunga, dan benjolan di kepala bagai sebuah tanduk.

Asal Mula Louhan
Progam pengembangbiakan telah dimulai sejak tahun 1993. Orang Malaysia terutama banyak yang mengagumi ikan dengan kepala menonjol, yang dikenal sebagai Karoi atau “kapal perang”, ditemukan di bagian barat negara mereka. Dahi sedikit menonjol dan ekor panjang ikan ini berharga untuk para peminat masyarakat Taiwan sebagai tanda pembawa keberuntungan dalam geomansi. Pada tahun 1994, iblis merah Cichlid (genus Amphilophus) yang diimpor dari Amerika Tengah ke Malaysia dan hasil hibrida parrot cichlid yang diimpor dari Taiwan ke Malaysia dan dibesarkan ikan ini secara bersamaan, menandai kelahiran ikan lou han tersebut.

Pada tahun 1995, perkawinan persilangan diadakan lebih lanjut dengan Human Face Red God of Fortune, yang menghasilkan jenis baru yang disebut Five-Colors God of Fortune. Karena warnanya yang indah, ikan ini menjadi cepat populer. Penyempurnaaan secara selektif terus berlanjut hingga tahun 1998, ketika Seven-Colors Blue Fiery Mouth (yang juga disebut sebagai Greenish Gold Tiger) yang diimpor dari Amerika Tengah, dan hasil perkawinan silangnya dengan Jin Gang Blood Parrot dari Taiwan. Pembelesteran ini akhirnya menghasilkan generasi pertama hibrida flowerhorn Hua Luo Han, yang kemudian diikuti dengan perkenalan flowerhorn berikutnya.

Kedatangan di Dunia Barat

Ketika flowerhorn pertama kali diimpor ke Amerika Serikat, hanya ada dua jenis ikan ini yang distribusi, flowerhorn dan Golden Base. Maka dari itu datanglah dua varietas, mereka dengan mutiara (bintik-bintik perak putih pada kulit) dan yang tidak. Golden Base juga memiliki dua varietas, mereka yang pudar dan yang tidak. Di antara segala jenis flowerhorn, yang tanpa mutiara dengan cepat disusul popularitasnya oleh mereka yang mempunyai mutiara, menjadi skala flowerhorns mutiara, atau Zhen Zhu. Dengan Golden Base, yang dikembangkan kulit menjadi keemasan yang menarik ditempatkan pada flowerhorn kulit abu-abu itu.

Pada tahun 1999, ada empat jenis flowerhorn yang tersedia di pasar Amerika: flowerhorn biasa, flowerhorn skala mutiara, flowerhorn emas, dan fader. Peternak komersial pengkembang biak, dan ikan yang dipilih untuk penampilan tanpa memperhatikan terminologi. Akibatnya, nama menjadi sesuatu yang membingungkan dan jenis keturunan menjadi sulit dilacak.

Sekitar 2000-2001, berbagai Kamfa muncul. Ini adalah hibrida dari setiap jenis flowerhorn yang disilangkan dengan spesies dari genus Vieja atau dengan Parrot Cichlid jenis apapun. Ini membawa beberapa sifat baru, seperti mulut pendek, ekor terbungkus, mata cekung, dan gundukan yang semakin besar di bagian kepala. Melihat ini, mereka yang membesarkan di Zhen Zhus baik itu peternakan ikan untuk mengembangkan lebih cepat dan menjadi lebih berwarna, untuk bersaing dengan jenis Kamfa.

Jenis
Berdasarkan jenisnya, ikan Louhan dibagi menjadi 6 jenis:
1. CHINWA
2. CENCU
3. FLY MARKING
4. GOLDEN BEST
5. CLASSIC
6. FREE HEAD

Perawatan
Flowerhorn Cichlid diharuskan untuk disimpan pada suhu air 80-85 °F, dan pH kurang dari 7.4-8.0. Mereka membutuhkan tangki minimum sekitar 20-30 galon untuk tumbuh. Jika agresif dan teritorial, dua atau lebih flowerhorn biasanya tidak disimpan secara berkelompok, tetapi isi tangki mereka dapat dibagi dengan membagi akrilik atau krat telur.

Aquarium untuk memelihara louhan

Aquarium sebaiknya disamakan dengan dengan ukuran louhan sebagai perbandingan, untuk louhan berukuran 40-50cm sebaiknya ukuran aquarium adalah 200x170x80cm. Aquarium yang baik untuk louhan harus dilengkapi : Aerator dan Filter, Heater, Tempat Persembunyian, Bebatuan, Tanaman Air dan Pencahayaan yang cukup.

Kiat Memilih Louhan
Ciri-ciri Louhan berkualitas baik :
* Sirip atas bawah dan ekor seimbang
* Bintik hitam tegas dari pangkal ekor sampai insang
* Lingkaran warna perak keemasan metalik melingkari bintik hitam
* Tampak bintik mutiara hampir di seluruh badan
* Warna dasar tubuh merah cerah dan kuning cerah
* Sirip dan ekor merekah melebar dan utuh
* Nongnong di kepala tampak proporsional
* Mata merah satu lingkaran penuh

Pakan Untuk Louhan

Makanan alami dan makanan buatan. Makanan alami terdiri dari : Artemia, Kutu Air, Jentik Nyamuk, Cacing Rambut dan Sutra, Cacing Darah, Cacing Tanah dan Udang. Makanan Buatan berupa pelet khusus Louhan dapat diberikan berselingan dengan Cacing atau Udang.

Mengatasi Penyakit/Hama
Penyakit yang sering menyerang Louhan adalah penyakit jamur, gejala yang tampak pada tubuh louhan adalah tubuh seperti diselimuti benang halus.

Cara mengatasi penyakit ini adalah :
* Hindari Ikan terluka
* Merendam Lohan kedalam larutan Malachite Green Oxalat dengan perbandingan 3g untuk 1 kubik air. Ikan direndam kurang lebih 30 menit
* Setelah selesai maka masukkan louhan kedalam aquarium yang telah dibersihkan dan diganti dengan air baru.

Klasifikasi ilmiah
* Kerajaan: Animalia
* Filum: Chordata
* Kelas: Actinopterygii
* Ordo: Perciformes
* Famili: Cichlidae
* Genus: Amphilophus
* Spesies: A. trimaculatus
* Nama binomial: Amphilophus trimaculatus

Kritik
Kritik juga telah terdengar mengenai flowerhorn, yang sebenarnya merupakan ikan buatan manusia, ke dalam taksa ikan, yang disediakan untuk identifikasi spesies yang ditemukan di alam. Praktek ini dapat membuat identifikasi cichlid semakin sulit. Pembiakan dengan garis keturunan yang murni spesies Cichlid telah terjadi di sejumlah cichlid yang umumnya disimpan untuk tujuan hobi, risiko kerugian adalah tentang material genetik.


Pengembangbiakan Flowerhorn juga memberikan kontribusi akan permintaan komersial untuk pembuatan ikan jenis baru dan berbeda yang mungkin dapat menyebabkan praktek yang dipertanyakan serta diragukan seperti peternakan untuk kelainan bentuk anatomi (seperti yang terjadi di peternakan ikan mas).

Flowerhorn telah dikritik oleh beberapa penggemar Cichlid dan pemerhati lingkungan untuk sejumlah alasan. Minat flowerhorn mengakibatkan pemusnahan surplus dan cacat ikan, beberapa yang dibuang di alam liar di Malaysia dan Singapura, di mana mereka mudah beradaptasi dan mengganggu ekosistem sungai dan kolam. Seperti cichlids lainnya, flowerhorn bersifat agresif dan dapat berkembang biak dengan cepat, bersaing dan memangsa ikan asli.


Tips Mudah Memelihara Ikan Louhan  - Ikan Louhan (bahasa Inggris: Flowerhorn) diterbitkan dari bahasa Cina yaitu Lou Han. Luohan pertama kali muncul di Malaysia sekitar tahun 1996-1997.

Lou Han  merupakan  salah  satu ikan  hias  yang banyak digemari di Indonesia dan berasal dari keluarga  Cichlidae. Siklid   merupakan  keluarga besar  yang  terdiri  atas  ratusan  spesies. Perkawinan  silang  antar Lou Han  terbukti menghasilkan Lou Han yang cukup baik kualitasnya dengan ciri-ciri fisik tertentu, yaitu pada aspek warna, rajah dan keindahan bentuk.

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perubahan warna ikan Louhan adalah dengan pemberian pakan buatan di samping faktor genetik ikan tersebut.

Dalam pemeliharaan, Lohan tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mahal terutama pada pemberian makanannya. Selain makanan alami yang mudah didapat (cacing, udang), ikan ini juga menyukai makanan buatan (pelet).

1. Akuarium
Volume akuarium tergantung ukuran, ikan louhan kecil 5 - 7,5 cm bisa menggunakan akuarium 20x30 cm².. Ikan besar, 10-15 cm memerlukan akuarium lebih besar, 40x60 cm².  Louhan berukuran di atas 25 cm gunakan akuarium 60x120 cm². Agar Louhan berukuran 40 cm dapat bergerak bebas, akuarium yang dapat digunakan yakni ukuran 80x166 - 180 cm².

2. Pengisian Air
LouHan hidup baik pada suhu cukup hangat, 28-30 derajat Celcius. Air dingin dapat menyebabkan nafsu makan ikan kurang dan pertumbuhannya lambat.  

3. Pemberian Makanan
Cacing rambut, blood worm, udang tawar, dan cacing tanah adalah pakan terbaik. Untuk pemberian pelet dibiasakan sejak kecil. 

4. Perawatan
Bersihkan kotoran ikan yang ada di dalam akuarium selama 2-3 hari sekali untuk menjaga kesegaran air. Agar dinding tidak berlumut, dapat memelihara ikan Sapu-sapu, dengan ikan satu ini, ikan Louhan "segan" sehingga tidak menjahilinya.

5. alat dan bahan
alat dan bahan yang dibutuhkan dalam perawatan Louhan tidak jauh berbeda dengan ikan lain, diantaranya:

    * Aerator, untuk memasok oksigen / menciptakan gelembung
    * Filter, untuk menyaring kotoran dan memasok okigen
    * Selang penyedot air, yang digunakan untuk mengganti sebagian air atau mengganti total air dalam akuarium
    * Batu apung, untuk membersihkan kaca, kain lap dan lain-lain.
sekian yang bisa saya sampaikan

Comments

  1. gan klo ikan louhan kita mata'a gak bisa melihat itu karna knpa gan n gmna cara mengatasi'a gan mohon bantuan'a yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. gini mas itu ikan bisa mata'a buta karna berkelahi sama ikan lain
      belum tahu saya mas cara mengobatinya

      Delete
  2. Salam Ikan Hias.. numpang blogwalking.. hehe..

    http://indobettafish.com

    ReplyDelete
  3. mas saya mau nanya kok ikan louhan saya warnanya menjadi hitamnya
    pertama beli warnanya agak merah"
    masih anakan louhannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Louhan jadi hitam penyebabnya mungkin karena stress,atau kelebihan protein. Jika memberi makan louhan yg kandungan proteinnya banyak sedikit aja. Pemberian jangkrik dikurangin atau di stop dulu.

      Delete
  4. wah lengkap sekali gan infonya terima kasih banyak...kunjungi juga blog ane
    http://cara-menjernihkan-air-kolamrenang.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. oke gan akan saya coba.trim pak.

    ReplyDelete
  6. Kalo ikannya gamau ngikutin tangan yg di tempel ke kaca aquariumnya itu kenapa ya? (baru beli tadi ikannya)

    ReplyDelete
  7. Kalo ikannya gamau ngikutin tangan yg di tempel ke kaca aquariumnya itu kenapa ya? (baru beli tadi ikannya)

    ReplyDelete
  8. Ikannya masih adaptasi air ama aquarium om, karena majikan baru dan tempat baru..nanti juga pelan2 akan aktif, sering ajak main saja om..kasih lihat benda yang berwarna cerah.

    ReplyDelete
  9. artikel yang bagus om, sekalian jalan-jalan ke blog saya ya om
    http://flowerhorn-world.blogspot.com/2015/05/10-tips-cara-memelihara-ikan-louhan.html

    ReplyDelete
  10. apa efeknya kl louhan dikasih cacing beku,tlong info nya ya suhu

    ReplyDelete
  11. Kalau ikan louhan dikasih ikan mas kecil gmn?

    ReplyDelete
  12. Wah lengkap bgt infonya, makasih mas.
    Sy mau nanya, sekitar 3 mingguan yg lalu sy beli anakan louhan uk -+ 3cm, katanya jenis cencu, skrg udah -+ 6cm. Di awal beli warnanya lumayan cerah, tp skrg hijau agak kehitaman.
    Klo sy liat di toko atau di internet jenis cencu bagus bgt di ukuran nanggung dan dewasa. Nah apa mungkin warna msh bs berubah seiring pertumbuhannya?
    1 lg mas, mknan yg bagus untuk jenonh dan warna apa? klo sy ksh mkn udang 2-3 hari sekali bagus ga mas? Sy seling sm pelet.
    Makasih..

    ReplyDelete
  13. thanks buat infonya...
    lengkap dan berguna banget.

    ReplyDelete

Post a Comment

loading...
loading...