loading...

tips cara merawat ikan mas koki dengan baik

 Tips merawat ikan mas koki
Ikan mas koki sudah merupakan jenis ikan yang sangat umum dipelihara orang. Hal ini disebabkan karena biaya perawatannya tidak terlalu besar dan tidak membutuhkan perhatian khusus serta umur ikan yang tidak panjang. Namun, jika kamumerawatnya dengan baik, ikan ini sebenarnya memiliki umur yang cukup panjang, bisa sampai sepuluh tahunan. Kembali lagi dengan cara kamumerawat dan menyayangi nya. Berikut adalah beberapa masukan untuk kamuyang suka memelihara ikan mas.



Wadah.

Beberapa darikamu, pasti ada yang memelihara satu atau dua ekor ikan mas di dalam sebuah wadah kendi kaca. Memang dengan meletakkan ikan didalam wadah kendi kaca ini memberikan kesan artistik. Namun sebenarnya, wadah ini sangat kecil bahkan untuk menampung satu ekor ikan mas. Hal ini membuat ikan mas kamususah mendapatkan oksigen yang cukup dari permukaan air. Oleh karena itu, gunakan wadah aquarium yang cukup untuk memelihara ikan maskamu. Selain aquarium tersebut dapat mendukung kehidupan ikan maskamu, permukaan aquarium yang lebar membuat ikan mas kamudapat memperoleh oksigen yang cukup untuk mendukung kesehatannya. Ini dikarenakan oksigen yang masuk dari ujung kendi yang meruncing tidak sama dengan aquarium yang mempunyai area yang lebih luas. Memelihara ikan mas di dalam wadah kendi kaca, hanya akan menyusahkan kamusendiri karena kamuharus membersihkannya setiap hari untuk mengganti siklus air yang sudah kotor.

Ukuran.

Ikan mas pada awalnya memang berukuran kecil. Namun, jika kamubisa merawatnya dengan baik, ukuran ikan mas bisa sampai sebesar kaki orang dewasa. Banyak orang yang tidak menyadari ini sehingga mengharuskan mereka membeli wadah yang baru untuk ikan mas mereka yang sudah besar. Akan lebih baik jika dari awal kamusudah meletakkannya di wadah yang cukup besar. Disamping karena ikan mas kamubisa tumbuh besar, ikan mas kamuakan merasa sangat nyaman jika memiliki ruang untuk berenang yang cukup besar.

Penutup aquarium.

Ikan mas memiliki kecenderungan untuk meloncat ke atas permukaan air. Sebaiknya kamumemberikan triplek/ kayu untuk menutup aquariumkamu. Tutup itu juga berguna nantinya bagi kamujika kamuingin menambahkan lampu aquarium.

Lampu.

Gunakan lampu pijar yang redup untuk aquarium kamuselama kurang lebih 10 jam dalam sehari. Selain karena lampu ini tidak memakan banyak watt listrik, lampu ini menghantarkan panas yang cukup baik dibanding lampu pijar biasa yang berwarna putih yang cenderung menghantarkan panas berlebihan.

Dasar kerikil pada aquarium.

Meletakkan kerikil sebagai penghias dasar aquariumkamu. Ada beberapa alasan mengapa kerikil tersebut lebih baik dibanding yang lainnya. Pertama, karena kerikil tersebut tidak mempengaruhi tingkat keasaman pada air aquariumkamu. Berbeda dengan terumbu karang yang membawa pengaruh terhadap keasaman air. Kedua, karena kerikil ini membentuk permukaan yang bagus untuk tumbuhnya bakteri baik di dalam aquariumkamu. Selain untuk mendukung kehidupan ikan mas di dalamnya, bakteri ini juga berfungsi untuk mengatasi partikel berbahaya yang ada di dalam aquarium.

Air.

kamujuga harus memeriksa tingkat keasaman air yang ada di aquarium kamusecara teratur. Indikator pemeriksa keasaman ini dapat kamubeli di toko perlengkapan aquarium di kotakamu. Sifat air yang biasanya bertambah asam, dapat merusak kesehatan ikan maskamu. Jika hal ini terjadi, kamudapat membeli obat penetralisir keasaman di toko perlengkapan aquarium tersebut.

Menukar air aquarium.

Umumnya aquarium dilengkapi dengan filter yang berguna untuk menjaga kebersihan aquariumkamu. Namun, hal ini bukan berarti kamumembiarkan air di aquarium tidak diganti sampai berbulan bulan. Yang benar adalah kamutetap harus secara rutin mengganti air pada aquarium kamusekali atau dua kali dalam seminggu.

Penyaring.

Ikan mas selalu membuang banyak kotoran. Kotoran ini, jika dibiarkan, lama kelamaan akan menjadi amonia yang merupakan racun untuk ikan maskamu. Untuk itu, kamuharus mempunyai sistem penyaringan aquarium yang bagus. Penyaring yang ada pada filter kamuharus diganti secara teratur apabila sudah kotor. Filter ini pun harus dibersihkan setidaknya satu kali dalam sebulan agar bersih dari bakteri jahat yang menempel disana. Jangan lupa untuk mengukur kadar amonia dan nitrit pada air aquariumkamu.
Sebagai tambahan, filter ini diciptakan dengan berbagai kapasitas. kamuharus menyesuaikan jenis filter yang kamugunakan dengan jumlah ikan yang kamupelihara. Semakin banyak ikan yang kamupelihara di dalam aquariumkamu, maka harus semakin tinggi juga kapasitas filter yang kamugunakan.

Makanan ikan.

Pada dasarnya, makanan yang dimakan ikan mas adalah pellet yang memiliki komposisi daging dan tumbuhan. Berikanlah sedikit pellet untuk ikan mas kamubeberapa kali dalam satu hari. Jika pellet yang kamuberikan tidak habis dalam jangka 5 menit, ini berarti kamumemberi terlalu banyak.
Jangan memberi makan ikan mas kamusecara berlebihan. Pellet yang tidak habis dimakan akan terbenam ke dasar aquarium dan menjadi sumber penyakit bagi ikan maskamu.
Sebagai tambahan, rendamlah pellet yang akan kamuberikan kepada ikan mas dengan sedikit air terlebih dahulu agar pellet tersebut lebih lunak dan mudah untuk dicerna ikan maskamu.

Dekorasi.

Sama hal nya dengan ikan lainnya. Ikan mas juga senang memiliki tempat untuk bersembunyi. kamudapat membeli aksesoris aquarium untuk mewujudkan itu. Ada banyak jenis aksesoris yang dijual di toko perlengkapan aquarium. kamutinggal memilih yang sesuai dengan selerakamu. Hindari aksesoris yang memiliki permukaan yang tajam, selain bisa membuat kamuterluka, aksesoris seperti itu juga bisa melukai ikan mas yang kamupelihara.

Tumbuhan air.

Tumbuhan air selain mempercantik aquariumkamu, juga berguna untuk menekan kadar amonia dalam air aquariumkamu. Tumbuhan air yang tumbuh sehat di dalam aquarium kamuakan memberikan manfaat yang bagus untuk perkembangan ikan mas. Namun sebaliknya, jika tumbuhan air tersebut tidak tumbuh baik dan akan mati, sebaiknya kamusegera membuangnya karena tumbuhan yang mati tersebut akan menghasilkan racun.
Jika kamuakan menambahkan tumbuhan air pada aquariumkamu. Perhatikanlah perkembangan tumbuhan air tersebut, apakah mereka berkembang baik bersama dengan ikan mas didalamnya? Jika tidak, segeralah buang tumbuhan tersebut. Perlu kamuketahui, bahwa ikan mas ini rakus dan memakan tumbuhan hidup di dalam aquarium. Hal ini akan kamusadari disaat tumbuhan yang kamuletakkan di dalam aquarium sudah hilang dimakan ikan mas.
dan selanjutnya saya akan membahas cara membersik aquwarium tempat ikan air tawar
Ikan maskoki mempunyai ciri-ciri yg khas yakni amat rawan pada kandungan ammonia terlarut di dalam air. perihal inilah yang sering kali bikin persepsi di kelompok umur pengagum ikan hias bahwa memelihara ikan mas koki tersebut sulit karena gampang mati.

Untuk menangani problem karena kadar amonia terlarut tersebut, ada 2 hal yang bisa dikerjakan :

    Menetralisirnya, atau mengganti airnya. menetralisir kandungan ammonia bisa menggunakan biofiltrasi
    Menumbuhkan lumut air, yg dapat menyerap zat yg bisa meracuni ikan tersebut (Baik dalam usaha budidaya)

Siapa yang tak kenal dengan ikan mas koki, ikan yang gendut dan lucu ini memang merupakan binatang peliharaan yang paling populer dan sangat digemari.

Pemakaian gelembung udara karena ikan koki sangat membutuhkan oksigen dalam akuarium, tapi dalam memilihnya disesuaikan jika letak akuarium dikamar usahakan membelinya yang ukuran kecil agar tidak berisik dan tidak mengganggu saat tidur. Terakhir, pencahayaan sangat penting karena kurang menarik jika tidak ada cahaya dalam akuarium.


 Berikut adalah langkah-langkah untuk merawat Ikan mas Koki:

Ikan koki sangat membutuhkan gelembung udara maka akuarium harus tersedia air pump (penghasil gelembung udara akuarium). Jika menggunakan berbagai hiasan akuarium atau alas (pasir atau batu-batuan) cucilah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dan air tidak keruh.

Beri makan cukup 1x sehari dan jangan terlalu banyak (tergantung jumlah ikan yang dimiliki) agar ikan lebih agresif.

Biofiltrasi
Tehnik biofiltrasi yg baik datang dari penggemar ikan koi. kunci dari tehnik ini.Yaitu pemakaian media filtrasinya. di antara media terbaik yaitu menggunakan matt sintetis buatan jepang, yg sekarang ini banyak didapati di toko ikan hias.
Fungsi dari media ini dapat melakukan penyaringan kotoran ikan dan menahannya, hal ini dapat merangsang perkembangan dari bakteri nitrobacter didalamnya. Aerasi yang digunakan mesti cukup banyak serta waktu biofilter tersebut sudah berjalan, maka environment akuarium/ kolam ikan tersebut telah jadi stabil.

Untuk hobiis yg malas menguras air akuarium, metode ini pastinya amat pas, dikarenakan tidak membutuhkan pengurasan air yang terlalu sering. tetapi demikianlah kelemahan yg ada yaitu bahwa dengan air tidak dulu diganti, mengakibatkan zat/mineral yg dibutuhkan ikan menjadi kurang, karena zat tersebut ada di dalam air yang masih baru, sehingga bisa mengakibatkan ikan warnanya jadi kurang cerah. Tehnik ini dapat disertai dengan penggantian air parsial dengan teratur.

Kuras air akuarium sekitar satu bulan sekali (tergantung berapa lama air dapat bertahan)
Pada saat menguras akuarium sebelum dibuang ambil dahulu sekitar satu gayung air yang ada di akuarium. Lalu ambil ikan koki menggunakan jaring atau jala (jangan pakai tangan).
Letakkan ikan di air akuarium yang sudah diambil dalam gayung, kemudian bersihkan akuarium bisa dengan sikat atau spon pembersih.
Jika sudah, isi kembali akuarium dengan air baru, kemudian masukkan ikan koki bersama dengan air yang masih ada di gayung tadi. Hal ini untuk mencegah ikan koki stress dan supaya bisa cepat adaptasi lagi. Ulangi langkah-langkah diatas secara berkala dan rutin.
oke selanjutya saya akan memberikan tips cara merawat ikan mas koki
 Siapa yang tak kenal dengan ikan koki, ikan yang gendut dan lucu ini memang merupakan binatang peliharaan yang paling populer dan sangat digemari. Sebelumnya saya memelihara ikan Arwana di Akuarium saya tapi setelah arwana nya mati dan gak punya modal buat beli ikan arwana lagi, saya berfikir untuk memelihara ikan koki saja. Tanpa pikir panjang saya langsung pergi kepasar, tempat dimana banyak penjual ikan peliharaan. Setelah sampai di tempat penjual ikan hias saya tidak langsung membeli ikan.
Saya berjelajah terlebih dahulu untuk mencari toko yang murah meriah, kemudian saya membeli empat ikan koki. Berbekal modem dan sebuah laptop akhirnya saya bisa merawat ikan koki sesuai prosedur. Sedikit tips dalam tahap awal memelihara ikan koki. Pertama, untuk pencarian akuarium disesuaikan dengan keadaan dimana akuarium akan diletakan dan tentunya sesuai dengan biaya, seperti saya yang memilih akuarium ukuran 100cmx50cmx60cm karena akan diletakan diruang tamu. Kedua, pemakaian gelembung udara karena ikan koki sangat membutuhkan oksigen dalam akuarium, tapi dalam memilihnya disesuaikan jika letak akuarium dikamar usahakan membelinya yang ukuran kecil agar tidak berisik dan tidak mengganggu saat tidur. Terakhir, pencahayaan sangat penting karena kurang menarik jika tidak ada cahaya dalam akuarium.

    Inilah Penampakan Akuarium yang ada dirumah saya


Berikut adalah langkah-langkah untuk merawat Ikan mas Koki:

    Ikan koki sangat membutuhkan gelembung udara maka akuarium harus tersedia air pump (penghasil gelembung udara akuarium).
    Jika menggunakan berbagai hiasan akuarium atau alas (pasir atau batu-batuan) cucilah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dan air tidak keruh.
    Beri makan cukup 1x sehari dan jangan terlalu banyak (tergantung jumlah ikan yang dimiliki) agar ikan lebih agresif.
    Kuras air akuarium sekitar satu bulan sekali (tergantung berapa lama air dapat bertahan)
    Pada saat menguras akuarium sebelum dibuang ambil dahulu sekitar satu gayung air yang ada di akuarium. Lalu ambil ikan koki menggunakan jaring atau jala (jangan pakai tangan).
    Letakkan ikan di air akuarium yang sudah diambil dalam gayung, kemudian bersihkan akuarium bisa dengan sikat atau spon pembersih.
    Jika sudah, isi kembali akuarium dengan air baru, kemudian masukkan ikan koki bersama dengan air yang masih ada di gayung tadi. Hal ini untuk mencegah ikan koki stress dan supaya bisa cepat adaptasi lagi.
    Ulangi langkah-langkah diatas secara berkala dan rutin.

Comments

  1. Lumayan ribet juga ya tp bermanfaat banget. Kalo ikan mas kokiny masih kecil banget tempatny harus besar juga? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending sekalian besar aja mbak....selain ntar ga ush beli rumah baru lg buat si koki.....dia pasti lebih senang kalo bisa berenang kesana kemari...

      Delete
    2. Bener tuh ikan saya jadi main kejer" an berdua

      Delete
    3. Mau nanya dong, kalo meliharanya itu gak boleh full ta aquariumnya ? Ohya tumbuhan nya itu jenis apapun ta ?

      Delete
    4. Mau nanya dong, kalo meliharanya itu gak boleh full ta aquariumnya ? Ohya tumbuhan nya itu jenis apapun ta ?

      Delete
    5. Mau nanya dong, kalo meliharanya itu gak boleh full ta aquariumnya ? Ohya tumbuhan nya itu jenis apapun ta ?

      Delete
  2. gak perlu besar-besar amat sedang aja mbak

    ReplyDelete
  3. udah terlanjur beli aquarium yang bulat, gimana tuh

    ReplyDelete
  4. kalo akuarium bulat uk.1200L air bisa dikasih ikan gendut koki 3 yang sedang mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aquarium bulan uk 1200L ?? itu besar loh mba . hehe
      contoh aqua panjang 1 meter x lebar 60 cm x tinggi 80 cm = 480 liter
      mungkin,maksud mba aqua bulat 12 liter

      Delete
  5. kalau tanpa gelembung udara gmn mas..?

    ReplyDelete
  6. ya tinggal tunggu saja, kan tidak ada oksigen..

    apakah cukup gelembung udara saja tanpa aerasi?

    mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  7. cara ngobatin koki stress gimana

    ReplyDelete
  8. Punyaku pake aquarium bulat, baru 2 hari udah mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan mas kokinya berapa ekor mbak? Saya juga punya 1 ekor di aquarium bulat, jadi was was hehehe

      Delete
  9. Q punya 2 ikan koki besar dan 2 ikan koki kecil..kira2 ikan koki besar bakal memakan ikan koki kecil ga yach?solnya yang kecil2 udah jd kesayangan..hehe

    ReplyDelete
  10. Beli 110 tinggal 1... mati tiap hari 1

    ReplyDelete
  11. katanya ikan koki itu pembawa kebrutungan ya ? visit balik ya sesama blog ikan www.webpratama.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. ka,, ikan koki q udh 1 minggu di aquarium bulat..
    sekali mkn hbis 7 pellet ka,, tpi gara" itu skrang klau dkasih mkan ikan nya gk mau ka,, pasti pellet nya suka dibuang lagi..
    itu knapa ya ka,, :(

    ReplyDelete
  13. Koki q di akuarium bulat udah lebih dr 1 tahun

    ReplyDelete
  14. om kenapa ya klo jenis mutiara d gabung sma jenis lain yg mutiara selalu mati?


    http://cjaquatic.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg mutiara dipatokin sama yg lain gan, karna bentuknya unik tp lemah, klo bisa koki mutiara jangan digabung sama koki lainnya

      Delete
    2. kalo mutiara butuh panas katanya,harus pake heater.jenis mutiara sama ranchu emang paling sensitif

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan betta carotine untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    ReplyDelete
  17. Ternyata kebersihan air sangat berpengaruh dan jgn bnyk kasih pakan ikan krn bs buat air cpt kotor shg ikan akan mati

    ReplyDelete
  18. Ternyata kebersihan air sangat berpengaruh dan jgn bnyk kasih pakan ikan krn bs buat air cpt kotor shg ikan akan mati

    ReplyDelete
  19. Ikan mas koki boleh dicampur tidak dengan ikan lain, seperti ikan parot atau Ikan discus, terimakasih.

    ReplyDelete
  20. Ikan baby mas koki ku baru beli siang, malam nya matii.. hikss hikss
    Klu di aquarium bulat tanpa pompa bs ndak yah, tips nya dunk guys. Gmn cara merawat ikan koki di aquarium bulat tanpa pompa gelembung...?

    ReplyDelete
  21. Ikan baby mas koki ku baru beli siang, malam nya matii.. hikss hikss
    Klu di aquarium bulat tanpa pompa bs ndak yah, tips nya dunk guys. Gmn cara merawat ikan koki di aquarium bulat tanpa pompa gelembung...?

    ReplyDelete
  22. takaran makanan yang cukup untuk ikan koki itu seberapa ya kira"?

    ReplyDelete
  23. Ikan a mas koki ane ada 2 nggk dipakein aerator udh 1 bulan lebih gk mati2.malah skarang jdi tambah gede.

    Klo ukuran makanan coba ente kasih pelet trus biarin 5 menit klo nggk abis brarti kurangin takaran makanan dri sebelumnya om

    ReplyDelete
  24. Aku baru beli ikan mas koki, penjualnya bilang, ngga papa kalau ngga pakai filter ataupin gelwmbung udara, tapi airnya setwngah dari air di aquarium di toko dia tempat ikan sebelumnya, terus jgn lupa di kasih garam biar airnya hangat terus, belinya siang, keesokan paginya ikan2ku udah mati, tinggal 2 yang bertahan, tipsnya gimana?

    ReplyDelete

Post a Comment

loading...
loading...