loading...

cara merawat ikan araipama

Arapaima gigas, atau biasa dikenal dengan sebutanArapaima,Pirarucu, atau Paiche, adalah ikan air tawar tropis Amerika Selatan.Arapaima ini menjadi salah satu ikan air tawar yang berukuran terbesar di dunia. Arapaima ini adalah keluarga ikan Arowana yang populer di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.

Ukuran tubuh Arapaima bisa mencapai panjang sekitar 2,5 m dengan bobot lebih dari 100 kg. Populasi ikan Arapaima ini mulai terancam, karena para kolektor ikan eksotis memburu ikan ini untuk dijadikan salah satu koleksi pribadinya. Di Amerika Selatan, ikan ini sering ditangkap terutama untukekspor, selain itu masyarakat lokal juga mengkonsumsi ikan ini, akibatnya populasi ikan Arapaima mulai menyusut dan semakin jarang ditemukan di alam liar.

Ukuran tubuh yang besar serta ikan ini sering muncul di permukaan lah, yang membuat ikan ini mudah ditangkap. Ikan ini memiliki ketergantungan yangmendasar pada udara permukaan untuk bernapas. Selain insang, memilikikandung kemih berenang dimodifikasi dan diperbesar, terdiri dari paru-seperti jaringan, yang memungkinkan untuk mengekstrak oksigen dari udara. Ini merupakan adaptasi terhadap kondisi sering hipoksia dari dataran Amazon. Kondisi ini membuat Arapaima naik ke permukaan untuk mengambil udarasetiap 5 sampai 15 menit.

Pemerintah Brazil telah mengeluarkan larangan untuk menangkap ikan ini. Memancing ikan ini hanya dibolehkan di pedalaman atau daerah terpencil tertentu di lembah Amazon, penangkapan hanya dibolehkan hanya untuk konsumsi penduduk setempat.

Ikan ini memakan ikan berukuran yang lebih kecil, krustasea, serta beberapa binatang darat yang kebetulan masuk ke dalam air.

Arapaima ini bertelur selama bulan-bulan ketika tingkat air rendah atau mulai meningkat. Mereka membangun sarang sekitar 50 cm dan lebar 15 cm, biasanya di daerah dipercaya berlumpur. Ketika air naik menetas telur dan keturunannya memiliki musim banjir untuk makmur, selama bulan Mei hingga Agustus. Oleh karena itu, pemijahan tahunan diatur musiman. Jantan Arapaima adalah mouthbrooder, seperti biasanya Osteoglossum, yang berarti Arapaiman muda dilindungi dalam mulutnya sampai mereka bisa mencari makan sendiri. Sedangkan betinanya membantu melindungi sang jantan dan anak-anaknya dengan melingkari mereka dan mengusir predator potensial.

Ikan Arapaiman ini populer sebagai ikan hias air tawar yang dipelihara para kolektor ikan eksotis. Tempat yang dibutuhkan adalah sebuah bak atau akuarium yang berukuran besar, agar tidak membuat ikan ini stress.
Ikan ini merupakan ikan air tawar terbesar
di dunia,namun sudah banyak sekali
hobiis yang memelihara ikan ini di

aquarium.Inilah artikel mengenai bagaimancara memelihara Arapaima gigas/Piracucu!!!- Varietas.Ikan ini hanya ada 1jenis tidak bervariasi.Arapaima Gigas/Piracucu:- Setup Tank dan beberapa tipssekaligus deskripsi singkat.
Ikan ini memerlukan aquarium yang sangatbesar,dikarenakan ikan ini dapat tumbuh dengan cepat dan maksimal tumbuh mencapai 5meter di alam liar.Untuk
setuptank nya dapat dibuat polos seperti gambar aquarium diatas,dapat juga dengan gravel,bebatuan dan tanaman agar terkesan
alami.Zona renang ikan ini biasanya berada di tengah dan atas permukaan dengan suhu 24-30derajat celcius.Untuk sedikit
derskripsinya ikan ini termasuk ikan lidah bertulang/”Bony tounge”dan termasuk ikan
yang dilindungi!!!
- Pakan.
Ikan ini termasuk ikan Karnivora yang memakan berbagai pakan hidup,walaupun dia masih dapat menerima pakan non hidup lainnya.
Hidup :Anakan ikan,Jangkrik/
belalang,udang sungai,dan tikus.
Non hidup :Ikan mati,daging yang
sudah diris-iris.
- Perkembangbiakan.
- Ikan ini berkembangbiak dengan cara
mouthbrooder atau menyimpan anaknya
didalam mulutnya.
Selanjutnya akan ditambahkan
secepatnya!!!
- Penyakit yang sering menyerang ikan ini. Masih belum diketahui beberapa penyakit yang rentan terhadap ikan ini,namun ikan ini termasuk ikan yang kuat,jadi dia tidak gampang mati pada saat baru
memeliharanya!
- Tips dan Fakta tambahan.
1.Ikan ini masih bersaudara dengan
Arowana yang sama-sama bony tounge.
2.Ikan ini mempunyai lidah yang hampir
sepanjang 15meter!!!
3.Apabila sedang terjadi kekeringan
disungai,maka ikan ini akan
menggulungkan badannya dan membentuk
bola lalu bersembunyi di dalam liang
sampai air kembali datang.
 oke cuman ini yang bisa saya berikan selamat merawat ikan araipama

Comments

  1. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan B.ESTRADIOL untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    ReplyDelete
  2. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan B.ESTRADIOL untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    ReplyDelete
  3. Ini blog sngat bagus gan. Bisa jadi reperensi nih.
    https://cjaquatic.blogspot.co.id
    Kunjungo juga ya.. Thx

    ReplyDelete

Post a Comment

loading...
loading...