loading...

cara merawat ikan lemon

Aquarium air tawar merupakan tempat yang sangat cocok untuk memanjakan ikan hias. Dengan menggunakan Aquarium, pecinta ikan dapat menikmati warna-warni dan gerak-gerik ikan yang dimiliki. Biasanya pecinta ikan mengisi Aquariumnya dengan berbagai macam ikan. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan keindahan di akurium air tawar yang dimiliki karena semakin lengkap koleksi ikan atau binatang air yang dimiliki maka semakin banyak warna dalam Aquarium dan akan menyerupai kehidupan air sesungguhnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan
pecinta ikan dalam mengkombinasikan ikan dalam Aquarium air tawar. Antara lain, mengenali ukuran, jenis dan karakter ikan yang akan dikombinasikan dalam Aquarium tersebut. Hal ini disebabkan perbedaan ukuran ikan akan menyebabkan adanya ikan penguasa dalam Aquarium yang kita miliki yakni ikan besar akan memangsa ikan kecil. Selain itu, ada beberapa jenis ikan air tawar yang perlu diwaspadai karena memiliki karakter yang kurang baik seperti mengganggu bahkan membunuh jenis ikan lain. Ikan yang yang perlu diwaspadai antara lain ikan komet dan ikan lemon.
Ikan komet atau ikan yang memiliki nama latin Carassius Auratus Auratus merupakan salah satu jenis ikan hias berbuntut panjang dan berwarna cerah.. Sebagai ikan hias, ikan komet memiliki kelebihan dari ikan hias lainnya. Antara lain, memiliki perpaduan warna yang indah yaitu merah keorangean dan putih. Selain itu, ikan komet juga memiliki ketahanan tubuh yang baik. Namun perlu diketahui, jika memelihara ikan ini jangan diberi makan berlebihan. Ikan ini banyak mengeluarkan kotoran dan memiliki kebiasaan suka mainan makanan sehingga Aquarium air tawar yang kita miliki cepat kotor.
Ikan yang perlu diwaspadai selanjutnya adalah ikan lemon (Neolamprologus Leleupi). Ikan yang memiliki warna kuning seperti buah lemon ini merupakan jenis ikan yang galak, agresif, dan suka menyerang. Selain itu, ikan ini juga memiliki kebiasaan buruk yakni rakus dalam mengkonsumsi makanan. Apapun jenis makanan yang kita masukkan atau berikan di Aquarium air tawar pasti akan habis dimakan oleh ikan lemon tersebut. Hal ini menyebabkan ikan lain yang ada dalam Aquarium tidak mendapatkan makanan. Sifat lain yang merugikan dari kebiasaan ikan ini adalah sifa kanibalisme yaitu jika ikan ini lapar maka ikan tersebut akan memakan jenis ikan lain terutama ikan ynag memiliki ukuran lebih kecil dari ikan lemon tersebut.
dan saya akan memberitahukan tips membedakan Jenis Kelamin Ikan Lemon Cichlid
Tips Membedakan Jenis Kelamin Ikan Lemon Cichlid
Ikan lemon cichlid, ikan hias dengan warna tubuh kuning terang. Untuk gambarnya silakan cari di internet. Berikut akan saya jelaskan cara membedakan jenis kelamin ikan lemon cichlid:
Ciri-ciri ini baru tampak setelah ikan dewasa.
lemon cichlid Jantan
Ikan lemon cichlid jantan memiliki ciri-ciri:
 ukuran tubuhnya jauh lebih besar daripada betina, warna sirip atas dan bawahnya hitam.
lemon cichlid Betina
ukuran tubuhnya jauh lebih kecil daripada jantan, warna sirip atas dan bawahnya kuning.
Tips Memelihara ikan lemon cichlid:
1.      Sediakan tempat bersembunyi seperti potongan pipa PVC (paralon), karena pada dasarnya ikan     ini pemalu.
2.      Sediakan filter dan aerator, karena ikan ini membutuhkan kandungan oksigen terlarut dalam air dalam jumlah besar, bisa juga disiasati dengan menurunkan ketinggian air dan mengurangi jumlah ikan dalam media pemeliharaan(cara alternatif ini tidak saya sarankan).
3.      Jangan menaruh terlalu banyak lemon cichlid jantan dalam 1 media pemeliharaan, karena lemon cichlid jantan bersifat teritorial. Jika menaruh terlalu banyak lemon cichlid jantan dalam 1 media pemeliharaan, maka dapat dipastikan ada lemon cichlid jantan yang matanya buta, luka berdarah-darah, bahkan sampai berujung pada kematian ikan tersebut.
4.      Ikan lemon cichlid mempunyai ciri-ciri betinanya yang menyimpan telur di mulutnya. Pisahkan betina yang di dalam mulutnya ada telur atau anak lemon cichlid ke media pemeliharaan terpisah, karena betina baru akan mengeluarkan anak-anaknya setelah betina merasa tempatnya cukup aman. Ciri-ciri betina yang sedang menyimpan telur atau anak di mulutnya: ada tonjolan di bawah mulut betina, betina juga tidak akan mau membuka mulutnya, jika sudah lama betina menyimpan telurnya, maka akan tampak perbedaan yang mencolok, yaitu tubuhnya akan kurus sekali, karena selama menyimpan telur atau anak di mulutnya, betina akan puasa(tidak mau makan, karena takut telur atau anaknya tertelan).
oke cuman ini bisa saya sampaikan semogga bermanfaat bagi kamu dalam merawat ikan lemon ini

Comments

  1. saya penggemar ikan lemon karena bentuknya yang tidak besar dan tidak terlalu kecil. warnanya juga cerah. informasi yang menarik. terima kasih

    ReplyDelete
  2. makasih gan info nya. saya juga pelihara ikan lemon. sekarang uda ada yang bawa telur di mulut.. uda saya pisahin.. semoga berhasil sampai gede anaknya .hehe

    ReplyDelete
  3. Boleh tidak ikan lemon di gabung dengan ikan neon sama ikan guppy
    l

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan gan saya pernah cob....akhirnya ikan neon sy yg habis satu persatu di makan ikan lemon dan si ikan gupi sirip nya pada rusak

      Delete
    2. Betul banget tuh, barusan saya coba taruh 1ekor ikan guppy , langsung dicatol gan buntut guppy nya.. (rusak) tapi masih hidup sungguh malang nasibmu guppy :(

      Delete
  4. kalo mau melihara ikan lemon dalam akuarium 50*25*30 kira2 perbandingan lemon jantan dan betinanya brp ya? thanks

    ReplyDelete
  5. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan ZEAXANTINE untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    ReplyDelete
  6. ikan lemon itu sangatlah unik dan bagus akan warnanya, semoga dihari ini aku yang sedang menulis komentar ini tepat di hari dia merrid, websiteku menjadi lebih menarik.

    ReplyDelete
  7. Ikan lemon emang galak kali tuh, saya sudah kejadian. Dalam 1 aquarium saya campur guppy dengan 1 lemon jantan. Besoknya ke 4 guppy sudah terkapar tanpa sirip dan ekor. Tragis..

    ReplyDelete
  8. Ikan lemon emang galak kali tuh, saya sudah kejadian. Dalam 1 aquarium saya campur guppy dengan 1 lemon jantan. Besoknya ke 4 guppy sudah terkapar tanpa sirip dan ekor. Tragis..

    ReplyDelete

Post a Comment

loading...
loading...