loading...

cara merawat ikan lionfish

Lionfish atau volitans adalah ikan berbisa milik keluarga yang Scorpaenidae terjemahan harfiah berarti ikan kalajengking. Ada lima marga dan 16 spesies yang umumnya disebut sebagai lionfish. Penghuni alami mereka adalah di antara terumbu karang dan celah-celah berbatu Indo-Pasifik dan Laut Merah. Jenis ini bukan asli daerah tropis hangat dunia. Populasi baru didirikan yang hadir di Atlantik Timur, Karibia dan Laut Mediterania.

Mereka menjadi tempat yang lebih dan lebih umum di lepas pantai Florida. Para ilmuwan berspekulasi bahwa spesies ini pertama kali diperkenalkan ketika
akuarium publik hancur di Florida selatan oleh Badai Andrew, Kategori 5 badai di tahun 1992. Analisis DNA dari ikan ditangkap mendukung teori ini. Semua populasi yang baru dibentuk berasal dari ikan tujuh yang sama. Para pengunduran non-pribumi terus spesies ini telah menciptakan kekhawatiran di kalangan ahli ekologi. Hal ini belum ditentukan jenis bahaya manusia dan lingkungan makhluk ini akan menimbulkan di lahan baru mereka berkembang biak.

Lionfish adalah diragukan salah satu makhluk yang lebih eksotis yang pernah Anda lihat di akuarium rumah. Mereka adalah salah satu ikan yang paling berharga dalam perdagangan akuarium. Ada 11 spesies dari dua genera yang berbeda (Pterois dan Dendrochris) tersedia untuk aquarists rumah. Sirip lionfish Dendriochirus itu membentuk kipas yang solid dengan sinar sirip individu diselenggarakan bersama oleh membran ikat. Pterois lionfish telah lama mengalir sinar sirip yang individual menyarungkan oleh membran.

Sirip pada Pterois memperpanjang jauh melewati ekor mereka. Ada satu spesies lionfish, yang sphex Pterois, yang berada hanya di perairan lepas garis pantai di Kepulauan Hawaii. Terlepas dari semua spesies tentang ikan ini, dari yang anggun mengipasi utama untuk sikap pemarah, kata, ” Anda tidak ingin main-main dengan saya.” Ikan ini juga dipasarkan dengan nama dagang ikan akuarium kalkun, ikan naga, kalajengking dan ikan api.

Lionfish Semua memiliki sirip khas serta striping sirip dan tubuh. Warna palet dan ukuran khusus untuk spesies. Ikan singa Dwarf hanya mencapai panjang dewasa 5-6 inci dan dapat disimpan dalam akuarium sekecil 30 galon. Spesies lain dapat tumbuh lebih dari 15 inci dan akan membutuhkan tangki galon 75-100. Ini adalah di antara makhluk yang paling beracun yang ditemukan di laut dan hanya harus disimpan oleh aquarists ahli.

Lionfish adalah predator rakus. Ada spesies yang sangat sedikit di alam liar yang bahkan akan mempertimbangkan melecehkan satu lebih atau kurang berusaha untuk memakannya. Anehnya, sirip berbisa mereka tidak digunakan untuk tujuan predasi. Mereka mengandalkan menyamarkan alami mereka dan membagi-detik refleks untuk berburu. Lionfish menangkap mangsa mereka dengan tinju dalam dengan sirip mereka yang besar dan kemudian menelannya utuh. Racun mereka digunakan secara ketat sebagai sarana pertahanan. Ketika terancam lionfish akan menyerang pada lawan dengan sampai menjadi 18 jarum-seperti duri punggung tegak dan siap untuk menetralisir agresor.

Karena yang bersifat predator dan lionfish berbisa paling cocok untuk suatu spesies mono-atau tangki lionfish beberapa spesies. Anda dapat menyimpan lebih dari satu dalam akuarium. Anda akan ingin mengambil ukuran dewasa saat ini dan potensi ikan menjadi pertimbangan. Lionfish telah dikenal untuk memangsa satu sama lain.

Ikan singa adalah karnivora. Ikan kecil bisa diberi makan produk makanan laut beku karnivora. Mereka juga akan mudah makan udang air garam. Ikan yang lebih besar harus diberi makan udang atau ikan pengumpan kecil. Meskipun biasanya tidak dipasarkan untuk konsumsi, lionfish dianggap sebagai kelezatan kuliner di beberapa daerah di dunia.
Lionfish atau yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama ikan lepu ini memang terlihat menawan. Dengan sirip warna-warninya yang menyerupai rumbai-rumbai, lionfish bakal membuat kita terpana dengan kecantikannya. Nggak cuma itu saja, ikan unik ini juga punya keunikan lainnya.

Walaupun panjangnya hanya berkisar antara 10-40 sentimeter, ikan yang sering dijadikan ikan hias akuarium ini ternyata doyan banget makan. Buktinya, ikan ini suka makan ikan-ikan yang hidup di terumbu karang, udang dan kepiting. Serunya lagi, lionfish menelan bulat-bulat makanannya. Cara memangsanya pun cukup cerdik. Soalnya ikan ini akan bersembunyi dan kemudian menyergap tiba-tiba ikan, udang atau kepiting yang lewat. Wow!

Karena penampilannya yang menarik, lionfish juga menarik perhatian ikan-ikan besar yang siap memangsa. Makanya, ikan ini punya pertahanan diri yaitu duri-duri yang terlihat seperti sayap dan rumbai di sepanjang tubuhnya. Duri-duri ini mengandung racun yang bisa membunuh ikan-ikan besar atau belut yang mau memangsanya. Meskipun cukup kuat, racun lionfish nggak cukup untuk membunuh manusia. Kita hanya akan merasa pusing, sakit luar biasa, muntah-muntah dan kesulitan bernapas.

Satu hal lain yang juga unik dari ikan yang tinggal di terumbu karang di perairan air hangat di Samudera Pasifik adalah cara hidupnya. Ikan ini bukanlah ikan yang hidup berkelompok melainkan ikan penyendiri. Tapi, ketika bertemu pasangannya, lionfish betina bakal melepaskan 2.000-15.000 telur untuk dibuahi si jantan. Setelah itu, si pasangan ini bakal bersembunyi supaya telur-telurnya ini bisa mengapung di lautan tanpa dimakan ikan lain. Hanya butuh waktu dua hari untuk telurnya menetas menjadi seekor ikan lionfish yang punya umur panjang, yaitu sekitar 15-16 TAHUN

Comments

Post a Comment

loading...
loading...