loading...

Memelihara ikan badut (clownfist) di akuarium


lkan badut adalah ikan hias air asin dari subfamili Amphiprioninae. Terdapat sekitar 28 spesies dikenali, salah satunya berada di genus Premnas, sementara sisanya di genus Amphiprion. Ikan badut berwarna kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman. Spesies terbesar dapat tumbuh mencapai panjang 18 cm, sementara terkecil hanya mencapai 10 cm. Di jepang, ikan badut di kenal dengan nama kakure-kumanomi, di Rusia: obyknovennaya rybka-kloun, dan di Denmark: klovnfisk
cara untuk merawat ikan badut ini atau yang sering di sebut ikan clownfish saya akan membarikan lima cara sebagai berikut
1.Pertama, kita harus menentukan ukuran akuarium yang tepat. Ikan badut harus ditempatkan di akuarium sebesar mungkin karena mereka adalah ikan air laut, yang membutuhkan ruangan lebih besar. Walaupun ingin memakai akuarium dengan ukuran terkecil, usahakan agar volume air tidak di bawah 30 gallons (sekitar 113 liter), demi menciptakan lingkungan yang sehat untuk ikan-ikan badut ini.
2.Untuk penyaringan dan pencahayaan, konsultasikanlah kepada ahli akuarium atau penjaga toko hewan yang sudah berpengalaman, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam memelihara ikan badut. Beri makan ikan badut dua sampai tiga kali per hari, pastikan bahwa makanan dicairkan terlebih dahulu jika beku.
3.Pastikan bahwa suhu di akuarium berkisar antara 24 dan 27 derajat Celsius. Tingkat salinitas (kegaraman) harus antara 1.020 dan 1.026.
4.Hias akuarium dengan anemon laut dan karang. Ikan badut memiliki hubungan spesial dengan makhluk laut tersebut dan mereka akan merasa seperti berada di laut sungguhan.
5.Perhatikan untuk tidak mengisi tangki dengan ikan terlalu banyak. Ikan badut memerlukan banyak ruang untuk merasa nyaman dan berkembang di lingkungan mereka. Kelebihan kapasitas hanya akan mengakibatkan stres, penyakit, dan tentu sulit untuk menyembuhkan penyakitnya.
Habitat
Ikan badut merupakan ikan karang tropis yang hidup di perairan hangat pada daerah terumbu dengan kedalaman kurang dari 50 meter dan berair jernih. Dengan daerah penyebaran di Samudera Pasifik (Fiji), Laut Merah, Samudra Hindia (Indonesia, Malaysia, Thailand, Maladewa, Burma), dan Great Barrier Reef Australia.
Makanan
Ikan badut merupakan ikan
omnivore (pemakan hewan dan tumbuhan), jadi selain invertebrata kecil (crustacea & parasit yang melekat pada tubuh anemon), alga juga diketahui memenuhi 20 – 25% kebutuhan nutrisinya

Comments

  1. Gan mau nanya nih gmn y cara biar kita bsa ngetes ke asinannya atau ada takarannya?

    ReplyDelete
  2. untuk mengukur salinitas /keasinan yg agan maksud. dapat menggunakan alat spektrometer gan yg ane tau

    ReplyDelete
  3. Mau nanya..klo cara buat kuras akuarium nya gmana biar gak strss??

    ReplyDelete
  4. Selain alga, ikan nemo bisa makan apa???

    ReplyDelete
  5. Bingung mau ksig apa nih ikan..

    ReplyDelete
  6. Bingung mau ksig apa nih ikan..

    ReplyDelete
  7. kalo untuk ukur salinitas bisa pakai hydrometer
    kalo untuk makanan bisa di beri tetra marine, hikari marine S, cacing beku

    ReplyDelete

Post a Comment

loading...
loading...