loading...

cara merawat ikan ekor pedang

ikan ekor pedang  liar ditemukan dari Meksiko selatan dan turun ke Guatemala di Amerika Tengah. Nama Swordtail  berasal dari tubuh ikan ekor pedang jantan. sirip bawah ekor nya yang memanjang, dan  seperti pedang. ikan Swordtail betina tanpa pedang, dan dia juga dapat dibedakan dari laki-laki dengan bentuk tubuh lebih bulat . sekarang inikamudapa memilih jenis antara merah, hitam, Swordtails berwarna hijau, albino dan bahkan neon karena Swordtails telah banyak dibesarkan di penangkaran selama bertahun-tahun.kamujuga dapat memilih  banyak jenis Swordtail berbeda, seperti Simpson Merah, Swordtail Spotted, yang Swordtail tux Emas dan Lyretail fantastis.


kamu dapat memelihara ikan ekor pedang dalam akuarium berkapasitas 10 galon air atau lebih. karena ikan ekor pedang adalah jenis ikan perenang aktif hal itu akan sangat baik dipelihara di akuarium yang lebih dari kapasitas 10 galon. karena hal ini akan memberikan mereka cukup ruang untuk berenang berkeliling akuairum.

ikan ekor pedang mampu menoleransi terhadap perbedaan suhu air. mereka mampu hidup pada suhu dari 18 – 27 derajad celcius. di alam liar ikan ekor pedang bisa hidup pada kondisi air payau. ikan ekor pedang biasa dipelihara pada kondisi komunitas air tawar namun kondisi air payau lebih baik.  usahakan pH berada pada kisaran 6,8 – 7,8.
saya akan memberitahukan cara membudidayakan ikan ekor pedang yaitu:
Caranya tidak beda dengan ternak platy jenis lainnya :
1. Sediakan kolam / bak akuarium, ukuran bebas, tergantung dari jumlah ikan yang akan diternak.
2. Kedalaman air 40 - 50 cm aja, Sediakan jaring dengan ukuran lubang yang kira-kira anakan bisa masuk, tapi indukan tidak bisa menerobos.
3. Pilih Indukan yang baik / tidak cacat dan benar-benar siap kawin, dengan perbandingan pejantan 1 (satu) ekor, dan betina 5 (lima) ekor.
4. Sebelum Indukan dimasukan ke kolam, persiapkan dulu airnya, cari daun ketapang kering , cuci dan masukkan ke air kolam. Setelah 2-3 hari air akan berubah coklat, masukkan indukkan ke dalam jaring yang terendam air.
5. Tujuan penggunaan jaring ini adalah untuk menghindari termakan nya anakan oleh induknya.
6. Kasih makan indukan sehari 2 kali secukupnya.
7. Setelah terjadi perkawinan, akan terlihat perut betina membesar. Pada saat itu ambil pejantannya, karena pejantan lebih agresif dalam memangsa anakan nya.
8. Indukan betina yang sudah melahirkan anaknya segera di ambil. Persiapkan untuk perkawinan berikutnya.
9. Beri makan anakan dengan kutu air atau makanan ikan yang sudah kita buat agak lebih halus.
10. Selalu perhatikan kebersihan air.

Comments

  1. pada saat membudidayakan ikan ekor pedang apakah tidak memerlukan aerator?

    ReplyDelete
  2. Mas di aceh tepatnya di aceh tengah ikan mas pedang mudah di jumpai di alam liar bentuk tubuh lebih besar dari ikan maspedang yg di jual pada umumnya di toko toko ikan apa asal aslinya benar dari mexico ?

    ReplyDelete
  3. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan bio aqua untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    ReplyDelete

Post a Comment

loading...
loading...