loading...

Penyakit Ikan Oscar dan penanganan

Penyakit Ikan Oscar Pada Akuarium
Oscar penyakit adalah nama biasa untuk salah satu dari beberapa penyakit yang sering Oscar ikan menyerah. Yang paling biasa ini adalah lubang di penyakit kepala, atau HITH. HITH sering dikaitkan dengan Oscar karena popularitas ikan dan frekuensi dengan mana mereka tetap dalam kondisi standar (seperti halnya dengan banyak ikan besar lainnya, mudah didapat). HITH dapat berkembang cepat jika tidak diobati, dan sering fatal jika mencapai tahap akhir tanpa tindakan.

Gejala
HITH ditandai awal oleh kecil, lesi bulat di wajah ikan yang terkena dampak, insang dan mulut. Sebagai kemajuan penyakit, lesi menjadi lebih besar dan mengadu, akhirnya berkembang ke dalam lubang menganga di kepala ikan dan garis lateral. Ikan juga bisa menjadi lesu dan pergi makanannya.
Penyebab
Oscar penyakit ini hampir selalu disebabkan oleh kondisi air standar atau kualitas makanan. Beberapa studi menunjukkan itu adalah mirip dengan penyakit kudis pada manusia, suatu kondisi yang berkembang setelah kekurangan vitamin berkepanjangan, namun kemungkinan kombinasi dari faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit. Ikan diberi diet terutama didasarkan pada pengumpan ikan sering menderita di beberapa titik, seperti ikan yang penuh sesak ke dalam tangki (yang pada gilirannya menyebabkan kualitas air rendah dan stres tinggi).
Pengobatan
Pengobatan HITH harus dimulai dengan perubahan 30 persen air dilakukan setiap tiga hari, dalam kombinasi dengan kualitas makanan telah meningkat, seperti pengenalan pelet Cichlid seimbang. Jika penyakit telah berkembang ke stadium lanjut, metronidazol dapat tertutup ke dalam air akuarium untuk membantu mengobati infeksi sekunder. (Ingatlah untuk menghapus karbon dari filter untuk mencegah menyerap obat.)
Pencegahan
HITH mudah dicegah dengan menjaga kualitas air yang baik dan menawarkan diet yang seimbang terdiri dari kedua pelet atau makanan mengelupas dan camilan beku atau hidup. Uji parameter air sering untuk memastikan bahwa amonia, nitrat dan nitrit semua tinggal pada 0 ppm. Berikan banyak ikan Anda ruang untuk berenang dan banyak tempat persembunyian untuk mematahkan garis pandang antara ikan di dalam tangki.
Kondisi lain
Nama penyakit Oscar juga kadang-kadang diterapkan pada kondisi lain yang mungkin muncul dalam Oscar, seperti infeksi jamur. Jika jamur dicurigai, memperlakukan dengan cara yang sama seperti untuk HITH, tetapi dosis Hijau Malachite di samping metronidazol. Ikan dengan infeksi jamur yang dicurigai harus segera dikarantina untuk menghindari penyebaran penyakit antara ikan.

Comments

loading...
loading...