loading...

Cara memelihara ikan hias air laut

Ikan hias air laut menjadi primadona saat ini karena masih sedikit orang yang berminat memeliharanya dengan berbagai alasan kesulitan dalam pemeliharaannya padahal setiap orang yang melihat aquarium laut, mereka terpesona dan kebanyakan orang ingin berfoto atau mengambil gambarnya. Hal ini disebabkan karena kita dapat menikmati keindahan bawah laut tanpa menyelam bahkan banyak penggemar aquarium laut yang  rela mengabiskan uangnya puluhan juta rupiah demi menciptakan pesona bawah laut di rumahnya. Bagi pemula aquarium laut biasanya sedikit kesulitan dan bahkan menemui kegagalan namun jangan takut dan teruslah berjuang untuk menciptakan pesona bawah laut dirumahmu.
Beberapa trik yang harus diperhatikan untuk memelihara ikan hias laut di aquarium:

a. Aquarium diisi air laut sesuai kapasitasnya dan dibiarkan beberapa hari sampai airnya betul-betul stabil. Untuk awal kamu bisa mememasukkan beberapa ekor ikan betok ambon atau blue devil karena disamping ikan ini termasuk kuat juga harganya relatif murah.
b. Sebelum memasukkan ikan kedalam aquarium terlebih dahulu diaklimatisasi dengan tujuan untuk penyesuaian ikan dengan lingkungan barunya. Caranya ambangkan kantong plastic yang berisi ikan di aquarium selama 20 menit agar suhu dalam kantong plastic dengan suhu aquarium sama kemudia kantong plastic dibuka dan diisi air aquarium sedikit-sedikit agar salinitas atau kadar garamnya juga sesuai baru kemudian ikannya dimasukkan kedalam aquarium. Hal ini dilakukan untuk mencegah ikan stress yang pada akhirnya mudah diserang penyakit.
c. Jumlah ikan disesuaikan dengan kapasitas aquarium, intinya semakin banyak ikan di dalam aquarium, semakin cepat pula rusak kualitas airnya, hal ini disebabkan karena sisa pakan dan kotoran ikan menumpuk.
d. Pompa aquarium harus disesuaikan dengan kapasitas aquarium agar arus yang ditimbulkan tidak menyebabkan ikan stress.
e. Sebaiknya menggunakan protein skimmer yang berfungsi untuk memeisahkan bahan organic di  dalam air sehingga kualitas air dapat dijaga.
f. Pemberian pakan sebaiknya cukup 1 kali sehari dan secukupnya karena makanan berlebihan dapat merusak kualitas air dalam aquarium.
g. Lengkapi aquarium dengan udang pellet atau udang banded coral karena udang ini adalah udang pembersih dimana udang ini dapat membersihkan parasite pada ikan terutama Whitespot (bintik-putih).
h. Salahsatu masalah paling merepotkan dalam memelihara akuarium laut adalah pasir yang biasanya  akan ditumbuhi lumut coklat. Ini membuat akuarium terlihat kotor, dan biasanya pembersihannya agak sulit. Solusinya sederhana. ikan jabing (lawnmower blenny) akan membersihkan dasar pasir dari lumut kecoklatan karena dia senang memakan lumut itu. Ikan ini sekarang populer di kalangan hobiis karena tingkahnya yang unik dan menarik. Pilih yang kecil, karena kalau besar akan membuat pasir berantakan.

Comments

loading...
loading...